Minggu, 03 Juli 2011

Akar Gerakan Koperasi

Akar gerakan koperasi dapat ditelusuri ke beberapa pengaruh dan memperluas seluruh dunia. Dalam Anglosphere , pasca- feodal bentuk kerjasama antara pekerja dan pemilik, yang diungkapkan hari ini sebagai "pembagian keuntungan-" dan "surplus sharing" pengaturan, ada sejauh 1795. Pengaruh ideologis kunci pada cabang Anglosphere dari gerakan koperasi, bagaimanapun, adalah penolakan terhadap amal prinsip-prinsip yang didukung kesejahteraan reformasi ketika pemerintah Inggris secara radikal merevisi Hukum Miskin pada tahun 1834. Karena kedua lembaga negara dan gereja mulai rutin membedakan antara 'layak' dan 'tidak layak' miskin, gerakan masyarakat yang ramah tumbuh di seluruh Kerajaan Inggris berdasarkan prinsip mutualitas, berkomitmen untuk menolong diri sendiri dalam kesejahteraan rakyat pekerja.

Masyarakat Ramah didirikan forum melalui mana satu anggota, satu suara dipraktekkan dalam organisasi pengambilan keputusan. Prinsip-prinsip menantang ide bahwa seseorang harus menjadi pemilik properti sebelum diberikan suara politik. Sepanjang paruh kedua abad kesembilan belas (dan kemudian berulang setiap 20 tahun atau lebih) telah terjadi lonjakan jumlah organisasi koperasi, baik dalam praktek komersial dan masyarakat sipil, operasi untuk memajukan demokrasi dan hak pilih umum sebagai prinsip politik. Masyarakat Homoseksual dan koperasi konsumen menjadi bentuk dominan organisasi antara orang-orang yang bekerja di Anglosphere masyarakat industri sebelum munculnya serikat buruh dan pabrik-pabrik industri. Weinbren melaporkan bahwa pada akhir abad ke-19, lebih dari 80% dari usia kerja laki-laki Inggris dan 90% dari pria Australia usia kerja adalah anggota dari satu atau lebih Masyarakat Ramah.

Dari pertengahan abad kesembilan belas, organisasi saling memeluk ide-ide ini dalam usaha ekonomi, pertama di antara pedagang, dan kemudian di toko-toko koperasi, lembaga pendidikan, lembaga keuangan dan perusahaan industri. Benang umum (diberlakukan dengan cara yang berbeda, dan tunduk pada kendala dari berbagai sistem hukum nasional) adalah prinsip bahwa perusahaan atau asosiasi harus dimiliki dan dikendalikan oleh orang-orang yang dilayaninya, dan berbagi surplus berdasarkan masing-masing anggota "koperasi kontribusi (sebagai buruh, produsen atau konsumen) daripada kapasitas mereka untuk menanamkan modal keuangan.

Gerakan koperasi telah dipicu global oleh ide-ide demokrasi ekonomi . Demokrasi ekonomi adalah sebuah filsafat sosial ekonomi yang menunjukkan perluasan kekuasaan pengambilan keputusan dari pemegang saham minoritas kecil dari perusahaan untuk sebagian besar pemangku kepentingan publik. Ada banyak pendekatan yang berbeda untuk memikirkan dan membangun demokrasi ekonomi. Baik Marxisme dan anarkisme , misalnya, telah dipengaruhi oleh sosialisme utopis , yang didasarkan pada kerjasama sukarela, tanpa pengakuan konflik kelas . Anarkis berkomitmen untuk sosialisme libertarian dan mereka telah difokuskan pada organisasi lokal, termasuk koperasi yang dikelola secara lokal, dihubungkan melalui konfederasi serikat pekerja, koperasi dan masyarakat. Marxis, yang sebagai sosialis juga telah ditahan dan bekerja untuk tujuan demokratisasi hubungan yang produktif dan reproduktif, sering ditempatkan penekanan strategis yang lebih besar pada skala yang lebih besar yang dihadapi organisasi manusia. Ketika mereka memandang kelas kapitalis untuk menjadi prohibitively politik, militer dan budaya dimobilisasi untuk mempertahankan exploitasi kelas pekerja , mereka bertempur di awal abad 20 untuk yang sesuai dari kelas kapitalis kapasitas kolektif politik masyarakat dalam bentuk negara , baik melalui sosialisme demokratis , atau melalui apa yang kemudian dikenal sebagai Leninisme . Meskipun mereka menganggap negara sebagai sebuah institusi tidak perlu menindas, kaum Marxis beranggapan apropriasi lembaga-lembaga kapitalis nasional dan internasional skala dan sumber daya (seperti negara) menjadi pilar pertama yang penting dalam menciptakan kondisi yang menguntungkan untuk ekonomi solidaristik. Dengan pengaruh menurun dari Uni Soviet setelah 1960-an, strategi sosialis pluralized, meskipun democratizers ekonomi belum belum ditetapkan tantangan mendasar bagi hegemoni global neoliberal kapitalisme.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar