Selasa, 02 Agustus 2011

Koperasi untuk Masyarakat Berkeadilan

Sebuah koperasi (dalam bahasa Inggris cooperative, sering disebut sebagai co-op) adalah sebuah bisnis organisasi yang dimiliki dan dioperasikan oleh sekelompok individu untuk saling menguntungkan mereka. Koperasi didefinisikan oleh ICA (International Cooperative Alliance, badan koperasi dunia) sebagai asosiasi otonom dari orang-orang yang bersatu secara sukarela untuk memenuhi kebutuhan bersama mereka ekonomi, sosial, dan budaya dan aspirasi melalui dimiliki bersama dan dikendalikan secara demokratis perusahaan . Sebuah koperasi juga dapat didefinisikan sebagai bisnis yang dimiliki dan dikendalikan sama oleh orang-orang yang penggunaannya jasa atau oleh orang-orang yang bekerja di sana. Koperasi adalah fokus penelitian di bidang ekonomi koperasi.

Kerjasama tanggal kembali sejauh manusia telah mengorganisir untuk saling menguntungkan. Suku diorganisir sebagai struktur koperasi, mengalokasikan pekerjaan dan sumber daya di antara masing-masing perdagangan, lain hanya dengan masyarakat eksternal. Dalam lingkungan pegunungan, perdagangan hanya bisa dipertahankan dalam koperasi terorganisir untuk mencapai kondisi yang berguna jalan buatan seperti Viamala pada 1473. Pra-industri Eropa adalah rumah bagi koperasi pertama dari konteks industri.

Robert Owen (1771 - 1858) adalah seorang pembaru sosial dan pelopor gerakan koperasi. Pada 1761, para Masyarakat Weavers Fenwick dibentuk di Fenwick , Timur Ayrshire , Skotlandia untuk menjual diskon oatmeal untuk pekerja lokal. Layanan yang diperluas untuk mencakup bantuan dengan tabungan dan pinjaman, emigrasi dan pendidikan. Pada tahun 1810, Welsh sosial pembaharu Robert Owen , dari Newtown pada pertengahan Wales , dan rekan-rekannya membeli New Lanark pabrik dari ayah mertuanya Owen David Dale dan mulai memperkenalkan standar ketenagakerjaan yang lebih baik termasuk toko-toko eceran diskon di mana keuntungan yang diteruskan kepada-Nya karyawan. Owen meninggalkan New Lanark untuk mengejar bentuk-bentuk organisasi koperasi dan mengembangkan co-op ide-ide melalui tulisan dan ceramah. Komunitas Koperasi dibentuk di Glasgow , Indiana dan Hampshire , meskipun akhirnya gagal. Pada 1828, William King mendirikan sebuah surat kabar, kooperator ini, untuk mempromosikan pemikiran Owen, karena telah mendirikan toko koperasi di Brighton.

Para Perintis Rochdale Masyarakat Berkeadilan , didirikan pada tahun 1844, biasanya dianggap perusahaan koperasi pertama yang sukses, digunakan sebagai model untuk yang modern koperasi, berikut ' Prinsip Rochdale '. Sekelompok 28 penenun dan pengrajin lain di Rochdale , Inggris menyiapkan masyarakat untuk membuka toko mereka sendiri menjual barang makanan, mereka tidak bisa sebaliknya mampu. Dalam sepuluh tahun ada lebih dari 1.000 koperasi di Inggris.

Acara lainnya seperti pendirian sebuah masyarakat yang ramah oleh Martir Tolpuddle pada tahun 1832-saat kunci dalam penciptaan buruh yang terorganisir dan gerakan konsumen.

Pada tahun akhir abad ke-20, koperasi bersatu untuk mendirikan sejumlah perusahaan sosial lembaga-lembaga yang telah pindah ke mengadopsi model multi-pihak koperasi. Dalam 15 tahun terakhir (1994-2009) yang Uni Eropa dan negara-negara anggotanya, telah secara bertahap direvisi nasional akuntansi sistem untuk "membuat terlihat" kontribusi peningkatan ekonomi sosial organisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar