Kamis, 05 Mei 2011

Sifat Dasar Koperasi

Koperasi cenderung menarik proporsi yang lebih besar atas pekerja kasar dan lebih sedikit pekerja kerah putih dan manajerial dari bentuk badan usaha lainnya. Dalam sebagian besar, ini mungkin disebabkan gagasan di antara banyak koperasi yang, dalam rangka untuk struktur demokrasi yang benar-benar berfungsi untuk beroperasi, tradisional, posisi manajemen khusus harus de-menekankan karena mereka menempatkan non-manajer pada kerugian tentang pengembangan keterampilan dan akses terhadap informasi yang diperlukan untuk pengambilan keputusan kemampuan. Sebaliknya, koperasi, menurut standar komparatif, menekankan pengembangan kapasitas pengambilan keputusan untuk semua anggotanya. Memang, salah satu penyebab utama dari kegagalan suatu koperasi adalah kecenderungan pekerja untuk meninggalkan keputusan untuk sejumlah kecil direksi, yang menghasilkan tak terelakkan dalam sebuah struktur yang lebih otoriter dan menghasilkan permusuhan internal.

Pada tingkat yang lebih dasar, pola gambar yang lebih rendah-pekerja terampil mungkin terkait dengan praktek umum mendistribusikan sisa pendapatan (setara kasar profit sharing) kepada karyawan koperasi, prosedur yang sering diformalkan dalam peraturan koperasi. Jumlah ini mungkin persentase tetap atau dapat bervariasi, dan didistribusikan kepada pekerja sebagai pembayaran "bonus". Data komparatif upah untuk pekerja tidak terampil yang bekerja di koperasi dibandingkan perusahaan konvensional menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan. Namun, setelah pembayaran bonus diperhitungkan, pendapatan bagi pekerja kerah biru koperasi melebihi rekan-rekan mereka di perusahaan umum. (Dalam banyak kasus, meskipun, ini hanya hasil dari jam kerja lebih lama.)

Distribusi pendapatan dalam koperasi-koperasi produsen adalah terstruktur sepanjang prinsip-prinsip egaliter. Entah tekanan teman sebaya atau peraturan koperasi memastikan bahwa, tergantung pada tingkat keterampilan-mereka, anggota menerima gaji yang sama untuk pekerjaan yang sama, sementara perbedaan dalam jumlah jam kerja diminimalkan. Sebagian besar koperasi kendala pendapatan diferensial lembaga. Dalam hal proporsi suara, dan tidak seperti perusahaan konvensional, prinsip satu orang satu-suara berlaku independen dari persentase anggota kepemilikan.

Koperasi produsen yang paling menghadapi masalah pelik mempekerjakan pekerja bukan anggota. Dalam kebanyakan kasus pekerja nonanggota menerima pembayaran bonus, tapi karena mereka tidak memiliki saham di perusahaan mereka dikecualikan dari proses partisipatif tersebut, termasuk distribusi saham keuntungan. Kecuali dicatat dalam peraturan, ada built-in insentif bagi koperasi untuk meningkatkan rasio pekerja yang dipekerjakan untuk berbagi-memiliki anggota. Dengan asumsi bahwa tenaga kerja nonanggota kualitas setara dapat dipekerjakan sebagai pekerja baik tambahan atau untuk menggantikan anggota berangkat, maka keuntungan berbagi dibayarkan kepada semua peningkatan anggota yang tersisa bahkan ketika pekerja baru menerima pembayaran bonus. Seiring waktu perilaku seperti dapat menyebabkan transformasi koperasi secara de facto menjadi sebuah perusahaan share-member/owner klasik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar